Enam Kementerian Amat Malas dan Jauh dari Target Kinerja

23 Dec

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA
Enam Kementerian dianggap tidak menunjukan kinerja yang memuaskan terkait realisasi anggaran.

Hal ini diungkapkan Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran terkait dengan hasil laporan realisasi anggaran semester I terkait kinerja anggaran kementerian.

“Keenam kementerian ini baru menyerap anggarannya kurang dari 20% dari target. Ini mengindikasikan kinerja Kementerian yang malas dalam merealisasikan program kegiatan yang telah disusunnya,” ujar ujar Koordinator Riset Seknas FITRA Maulana, di Kantor Seknas Fitra Jl.Mampang Prapatan 4/ Jl.K.No.37, Mampang Prapatan Jakarta Selatan Minggu (23/12/2012).

Menurut Maulana kinerja yang buruk dari kementerian-kementerian tersebut merupakan akibat dari buruknya perencanaan anggaran yang dibuat oleh kementerian-kementerian tersebut.

“Kita menduga pertama disebabkan buruknya perencanaan anggaran. Mereka selalu menaikan anggaran, dengan berbagai alasan, namun kenaikan itu tidak dibarengi dengan peningkatan kapasisatas birokrat sdm yang ada di kementerian tersebut, sehingga yang terjadi anggaran tertumpuk,” ujar Maulana.

Sebab lainnya, lanjut Maulana, adalah karena DPR dan Dirjen anggaran di Kementerian Keuangan masih memberlakukan blokir anggaran. Dengan kebijakan ini kementerian tidak bisa merealisasikan rencana mereka tanpa persetujuan dari DPR dan Dirjen anggaran Kemenkeu.

“Seharusnya sesuai UU No. 17 tahun 2003 tentang keuangan negara, tidak ada lagi pembahasan anggaran setelah disetujui antara pemerintah dan DPR,” tukas Maulana.

Seperti diketahui, FITRA dalam catatan akhir tahun 2012 menyoroti kinerja anggaran Kementerian yang dianggap belum optimal. Beberapa kementerian sampai dengan pertengahan tahun 2012 belum mencapai 50% dari yang ditargetkan, enam diantaranya bahkan baru menyerap anggaran kurang dari 20%.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: