Turunkan Tekanan Darah dengan Tidur Sejam Lebih Awal

5 Dec

072806_tidur460ts

Jakarta, Kurang tidur telah lama diketahui dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan bagi orang yang mengalaminya, apalagi jika dikombinasikan dengan gaya hidup yang berantakan. Beruntung sebuah studi baru menemukan bahwa kondisi ini dapat diatasi dengan tidur satu jam lebih awal dari biasanya.

Bahkan cara ini dikatakan dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi yang dialami seseorang hanya dalam waktu enam minggu.

Kesimpulan tersebut diperoleh setelah tim peneliti dari Harvard Medical School di Boston, AS mengamati kondisi 22 partisipan pria dan wanita paruh baya yang mengalami prehypertension atau tekanan darahnya tak begitu tinggi tapi terus mengalami peningkatan hingga diperkirakan bisa mencapai level berbahaya. Seluruh partisipan juga mengklaim hanya tidur selama tujuh jam atau kurang di malam hari.

Kemudian selama enam minggu, 13 partisipan diantaranya diminta untuk tidur satu jam lebih awal dari biasanya. Sisanya diminta untuk tidur seperti biasanya. Setiap partisipan juga dipasangi alat pemantau tekanan darah yang berbentuk seperti jam tangan serta menjalani pemeriksaan darah dan urin.

Hasilnya, partisipan yang diberi durasi tidur tambahan sedikitnya sebanyak 35 menit menunjukkan penurunan tekanan darah rata-rata antara 8-14 mmHg.

Dalam laporan studi yang dipublikasikan di Journal od Sleep Research ini, peneliti menduga kurang tidur mempengaruhi kemampuan tubuh untuk menanggulangi munculnya hormon stres (kortisol) yang dapat menaikkan tekanan darah.

“Bahkan bisa jadi suatu saat nanti pemberian durasi tidur ekstra dapat diresepkan sebagai obat tekanan darah tinggi,” tandas peneliti seperti dikutip dari Daily Mail, Rabu (5/12/2012).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: